Judul: The Information Support System’s Formation of Marketing Innovative Decisions in Ukrainian Companies
Penulis: Illiashenko Sergii, Shypulina Yuliia, Gryshchenko Olena, Illiashenko Nataliia
Kata kunci: Information support system; Marketing innovative decisions; Decision making; Information support; Information flows.
Masalah dukungan keputusan (information support) sangat penting karena terjadi perubahan terus menerus yang mengurangi efektivitas metode tradisional. Untuk itu, dilakukan pencarian pendekatan baru untuk kegiatan pemasaran. Hal ini telah meningkatkan efektivitas keputusan inovatif pemasaran yang mengembangkan keunggulan kompetitif sebuah bisnis. Pengalaman menunjukkan bahwa keputusan inovatif akan efektif jika pembuat keputusan memiliki informasi selengkap mungkin dan dapat memprediksi konsekuensinya.
Namun, terlepas dari banyaknya penelitian teoritis, metodologis dan terapan, masalah dukungan informasi untuk proses pengembangan dan pengambilan keputusan inovatif pemasaran cenderung kurang dipelajari. Penelitian ini mempelajari implementasi sistem informasi di perusahaan Ukraina dan sistem informasi dalam proses pengembangan dan implementasi keputusan inovatif pemasaran.
Penelitian ini memiliki fokusan masalah yang berkaitan dengan pengembangan dan pembenaran dasar teoritis dan metodologis pembentukan sistem pendukung informasi untuk keputusan inovatif pemasaran. Tujuannya adalah memungkinkan peningkatan efisiensi kegiatan ekonomi mereka dalam hal menciptakan nilai-nilai baru di berbagai tingkat dan industri yang berbeda.
DAIMID (development, adoption and implementation of marketing innovative decisions) adalah proses pengembangan, adopsi, dan implementasi keputusan inovatif pemasaran. Terdapat tiga fase, yaitu fase masalah, fase insentif, dan fase eksekutif.
Gambar 1 Tahapan Proses DAIMID
Masing-masing fase terdiri dari beberapa tahap, dengan informasi yang diberikan, kemungkinan ancaman, dan cara untuk mengatasi yang berbeda-beda.
Gambar 4 Fase Eksekutif
Namun, dukungan informasi bisnis tidak dapat dicapai tanpa membangun sistem informasi pemasaran (MkIS) yang tepat. Tidak hanya untuk menyelesaikan masalah ekonomi dasar, namun MkIS juga dapat:
- menentukan prioritas dan permintaan konsumen
- mengidentifikasi tindakan strategis di masa depan
- menentukan tren pasar
Dengan MkIS, keputusan akan lebih terinformasi sehingga berdampak positif terhadap keunggulan kompetitif perusahaan.
Sistem Informasi Pemasaran (MkIS) dapat berperan dalam keunggulan kompetitif perusahaan, di antaranya dalam:
- peningkatan tingkat validitas keputusan dan pengurangan risiko
- fleksibilitas dan kemampuan adaptasi perusahaan;
- pengetahuan tentang tren pasar dan tren perkembangan industri
- perilaku konsumen dan pesaing
- kemungkinan arah perkembangan perusahaan
- metode penyebaran informasi yang lebih baik,
- pengembangan dan implementasi inovasi
Setelah diteliti, ditemukan beberapa masalah yang perlu diselesaikan dalam Sistem Informasi Pemasaran (MkIS) di perusahaan Ukraina, yaitu:
1. Kurangnya pemahaman tentang kebutuhan informasi
2. Rendahnya tingkat keterlibatan manajer dalam pengelolaan MkIS;
3. Penggunaan murni kapabilitas sistem komputer, yang dalam beberapa kasus menghasilkan tingkat pemrosesan dan interpretasi data yang rendah;
4. Faktor manusia saat memasukkan dan memproses informasi;
5. Ketidakpercayaan personel terhadap konten dan kualitas informasi.
6. Kemungkinan pencurian informasi;
7. Kegagalan akses staf MkIS karena teknis dan infrastruktur.
Kesimpulannya, penelitian telah menjawab masalah utama - mengembangkan prinsip teoritis dan praktis manajemen inovasi dalam hal meningkatkan tingkat dukungan informasi untuk keputusan inovatif pemasaran di perusahaan. Implementasi praktis dari hasil penelitian akan meningkatkan efektivitas keputusan inovatif dan aktivitas pemasaran perusahaan, yang selanjutnya akan meningkatkan keunggulan kompetitif dan memperkuat posisi pasar. Penelitian lebih lanjut harus fokus pada peningkatan alat metodologis untuk mendukung keputusan inovatif pemasaran.
Comments
Post a Comment